Spiga
Home » » Rencana Pembangunan Pabrik Perakitan iPhone di Cikande Ditunda

Rencana Pembangunan Pabrik Perakitan iPhone di Cikande Ditunda


Rencana perusahaan teknologi asal Taiwan yaitu Foxconn Technology Group membangun pabrik pembuatan iPhone dan iPad di Cikande, Serang, Banten tahun ini batal.

Awalnya pabrik tersebut berencana beroperasi pada 25 Desember 2012. Demikian dikutip AFP dari media lokal Taiwan, Kamis (6/12/2012).

Di Taiwan, Foxconn merupakan bagian dari Hon Hai Precision yang bisnisnya bergerak di pabrik perakitan dan pembuatan komponen telepon selular.

Sebenarnya, rencana investasi Hon Hai telah menemukan kata sepakat dengan pemerintah Indonesia.
Menurut sumber tersebut, alasan penundaan pembangunan pabrik ini adalah karena adanya regulasi impor telepon selular yang tidak sesuai dengan keinginan Hon Hai, dan juga banyaknya produk-produk telepon selular yang beredar di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berencana untuk mengunjungi Taiwan dengan tujuan mendiskusikan detil rencana investasi dari Hon Hai.

Hon Hai merupakan produsen komponen komputer terbesar di dunia dan juga perakit produk Apple, Sony, dan Nokia. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 1 juta pekerja di China.

Perusahaan ini sempat jadi sorotan karena adanya kabar bunuh diri karyawannya dan dituding mempekerjakan karyawan secara tidak manusiawi. Sampai saat ini pihak Hon Hai belum mengomentari kabar ini.

ModernCikande Industrial Estate (MCIE) menjadi calon kuat lokasi pembangunan pabrik Foxconn. Hari ini rencananya pihak Foxconn akan memutuskan apakah lokasi tersebut menjadi lokasi pabrik mereka.

Rencananya Foxconn akan menggunakan lahan 5.000 meter persegi untuk pabrik perakitan HP mereka. Foxconn akan membeli pabrik dengan luas 4.000 meter yang rencananya akan direnovasi di kawasan ModernCikande Industrial Estate.

sumber : detik



Artikel Terkait:

0 komentar: